Pusing Desain Rumah Kecil Sederhana? Berikut Tips Ideal Untuk Membuat Rumah Ideal

Mungkin beberapa orang berfikir bahwa mendesain rumah merupakan hal yang mudah. Hanya tinggal membuat sekat-sekat untuk memisahkan kamar tidur dari kamar mandi, ruang makan dari dapur atau ruang tamu dai ruang keluarga. Namun kenyataannya tidak segampang itu, apalagi jika tanah yang Anda miliki terbatas. Bagaimanapun pastinya Anda ingin membuat sebentuk rumah yang ideal meski sederhana. Memikirkan bagaimana harus menata dengan tepat setiap sudut dan desainnya. Hal inilah yang kerap kali memusingkan. 


Cara Mendesain Rumah Minimalis Idaman


Ukuran tidak menjadi tolak ukur bahwa rumah tersebut merupakan hunian yang ideal. Jadi Anda tidak perlu berkecil hati walaupun memiliki sebidang tanah yang minimalis. Oleh sebab itu, gunakanlah cara berikut ini untuk membuat sebuah rumah minimalis namun tetap fungsional dan menarik di pandang mata. Diantaranya adalah:

1. Manfaatkan Lahan Secara Maksimal

Usahakan untuk memakai setiap jengkal tanah yang Anda miliki. Jangan membiarkan beberapa cm tanah terbuang sia-sia. Untuk ukuran rumah yang sederhana, sebaiknya Anda tetap mempertahankan bentuk yang kecil. Contohnya adalah luas kamar tidur yang secukupnya atau tidak terlalu lebar. Idealnya, ruang kamar berukuran 3 x 4 m. Namun Anda bisa membuatnya menjadi 3x3m dan sisanya bisa diperuntukkan bagian rumah lainnya seperti tempat jemuran atau taman kecil.

2. Gunakan Ruangan Multifungsi

Jika tidak terlalu dibutuhkan, hindari untuk membuat ruangan yang sekiranya tidak akan berfungsi secara maksimal, seperti membuat ruang laundry. Anda bisa membuat taman kecil di samping rumah yang bisa juga dimanfaatkan untuk menjemur pakaian. Mesin cuci dapat diletakkan di dekat kamar mandi dan menyetrika bisa dilakukan di ruang keluarga pada saat senggang.

3. Hindari Bentuk Yang Rumit

Faktanya, rumah sederhana memang mengandalkan bentuk yang simple dan tidak terlalu rumit. Bentuk yang rumit biasanya lebih banyak memakan ruang. Anda tidak perlu menggunakan bentuk atap beraneka ragam, tangga yang berkelok-kelok ataupun lantai yang berundak-undak. Desain setiap ruangan harus mudah dan tidak banyak belokan agar memudahkan dalam proses pengerjaan. Daripada dipergunakan untuk desain rumit, bukankah lebih baik untuk memanfaatkan space kosong sebagai ruangan?

4. Hindari Banyak Sekat

Usahakan untuk meminimalis menggunakan dinding pemisah, khususnya untuk ruangan yang tidak butuh privasi. Seperti antara ruang tamu dan ruang keluarga. Anda cukup hanya menggunakan sekat atau lemari untuk membedakan kedua ruangan. Begitu juga dengan dapur dan ruang makan. Dengan cara ini, ruangan akan terlihat sedikit lebih luas. Semua anggota keluarga akan saling terhubung dan merasakan kehadiran masing-masing.

Rumah yang ideal bukanlah rumah yang besar namun yang memiliki ruangan-ruangan utama yang berfungsi dengan maksimal. Meskipun berbentuk sederhana dan tidak terlalu kompleks, rumah minimalis juga layak untuk menjadi sebuah tempat tinggal yang ideal. Oleh sebab itu, buatlah desain yang tetap menampilkan kesederhanaan namun mengandung nilai manfaat tinggi.