Seberapa Besar Kenaikan Harga Tanah Pertahun? Saatnya Beli Tanah dan Jangan Tunda Lagi

Semakin terbatasnya ketersediaan tanah di lokasi-lokasi strategis membuat peminat akan tanah menjadi meningkat. Banyak dari mereka yang kemudian berburu tanah-tanah di lokasi yang diperkirakan akan menjadi pusat keramaian. Hal ini dikarenakan nilai investasi tanah yang tidak akan pernah turun. Harga tanah akan terus meningkat dari waktu ke waktu.


Bahkan, presentasi kenaikan harga tanah tiap tahunnya mengalahkan kenaikan nilai inflasi yang terjadi di negeri ini. Setiap tahunnya harga tanah meningkat sekitar 10-20%. Jika Anda berminat untuk menginvestasikan uang pada tanah, inilah saat yang tepat untuk melakukannya.

Alasan Kenaikan Harga Tanah Yang Terus Menerus


Cepat atau lambat kenaikan harga tanah akan terus terjadi. Hal ini dapat menyebabkan generasi muda sekarang ini tak akan mampu membeli tanah di masa-masa mendatang. Beberapa pakar ekonomi menyatakan bahwa tingkat kenaikan harga tanah semakin besar setiap tahunnya dikarenakan beberapa alasan berikut ini. Diantaranya adalah:

1. Lahan Yang Terbatas

Seperti yang kita ketahui, tanah merupakan benda yang tidak bisa bertambah atau berkurang. Tidak seperti bahan makanan yang bisa terus diproduksi. Pembukaan lahan-lahan baru, pada suatu saat nanti akan terhenti karena tidak ada lagi lokasi yang bisa dimanfaatkan. Oleh sebab itu, tanah bersifat terbatas. Inilah faktor utama yang menjadi pemicu meroketnya harga tanah.

2. Lokasi Strategis

Tanah-tanah di lokasi yang dipandang strategis sudah bisa dipastikan akan dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Nilainya bisa meningkat dalam hitungan hari. Sebut saja seperti di pusat-pusat keramaian, daerah sekitar kampus atau yang dekat dengan lokasi wisata. Sudah dijamin, harga tanah di sana akan sangat mahal dan naik setiap tahunnya.

3. Meningkatnya Permintaan

Seiring membaiknya kondisi perekonomian bangsa Indonesia, membaik pula kemampuan daya beli masyarakat. Banyak dari mereka yang sukses dan mampu menghasilkan banyak uang. Dengan kemajuan ini, banyak orang yang mulai melirik untuk membeli tanah. Selain digunakan untuk lokasi membangun rumah, tanah ini juga digunakan sebagai tabungan yang bisa dipergunakan suatu hari nanti.

4. Investasi Yang Aman

Berinvestasi melalui sebidang tanah berbeda dengan investasi di bidang perbankan seperti tabungan atau deposito. Tanah merupakan satu bentuk investasi yang sangat aman. Hal ini disebabkan oleh berbagai alasan seperti harganya yang tidak akan turun bahkan akan meningkat setiap tahunnya dan tidak banyak membutuhkan perawatan intensif.

5. Minimnya Kemungkinan Kerugian

Menginvestasikan uang pada tanah tidak akan menimbulkan kerugian yang berarti, bahkan bisa dikatakan tidak akan rugi. Kenaikan tanah yang mencapai 10-20% per tahun akan membuat tanah yang Anda beli sekarang ini meningkat dua kali lipat 10 tahun mendatang.

Pada kesimpulannya, harga tanah dipastikan tidak akan turun. Oleh sebab itu, sekarang ini merupakan waktu yang tepat untuk membeli tanah sebelum harganya semakin meroket. Jika Anda telah memiliki cukup dana, jangan tunda lagi untuk segera merealisasikannya.