Pusing Menggunakan Aplikasi BPN online? Silahkan Baca Panduannya di Sini

Kemajuan teknologi memang bertujuan untuk memudahkan segala urusan masyarakat. Begitu juga dengan hadirnya internet. Sekarang ini semakin banyak instansi pemerintahan yang memanfaatkan internet sebagai media atau jembatan untuk mempersingkat akses masyarakat yang membutuhkan pelayanan, yaitu dengan cara menyediakan aplikasi online.

Seperti halnya BPN yang meluncurkan aplikasi bernama Sentuh Tanahku. Selain dapat dipergunakan untuk mengecek keabsahan sertifikat, Sentuh Tanahku memiliki banyak fitur tambahan. Untuk Anda yang masih asing dengan aplikasi ini, beberapa BPN online tips berikut akan sedikit membantu Anda.


Fitur-Fitur Dalam Aplikasi BPN Online


Sebelum mempelajari tips untuk memakai aplikasi Sentuh Tanahku, sebaiknya Anda harus memahami ada fitur apa sajakah di sana dan bagaimana fungsi dari setiap fiturnya. Setidaknya, ada enam fitur yang terdapat dalam aplikasi Sentuh Tanahku. Diantaranya adalah:
  1. Scan QR, digunakan untuk memindai barcode yang ada di sebuah sertifikat dan mengetahui status sertifikat yang dimaksud.
  2. Info Berkas, digunakan untuk melihat atau mengetahui status berkas yang diajukan pada kantor BPN setempat
  3. Plot Bidang Tanah, digunakan untuk membuat plotting atau pemetaan pada bidang tanah Anda agar gambar tanah muncul di plot bidang.
  4. Info Sertifikat, digunakan untuk menampilkan informasi tentang data kepemilikan sebuah sertifikat. Jika sertifikat fisik sudah ada namun datanya belum diunggah dalam daftar kepemilikan sertifikat, hendaknya Anda segera melaporkan pada kantor BPN tempat sertifikat terdaftar.
  5. Lokasi Bidang Tanah, digunakan untuk melihat lokasi tanah beserta status sertifikatnya.
  6. Info Layanan, berisi semua informasi yang dibutuhkan untuk mengurus sertifikat dan sebagainya termasuk simulasi penghitungan biaya yang mungkin akan dibutuhkan. 

Tips Menggunakan Fitur Aplikasi BPN Online


Aplikasi Sentuh Tanahku bisa Anda dapatkan di Google Play dan IOS dengan cara mengunduhnya secara gratis. Anda harus mendaftar terlebih dahulu dan membuat akun pribadi. Aplikasi ini akan terhubung secara otomatis pada email. Jika Anda sudah memiliki akun, Anda bisa menikmati setiap fitur yang disediakan. Cara menggunakan setiap fiturnya adalah:

1. Scan Q

Cukup lakukan pindai pada Barcode yang ada di sertifikat Anda. Aplikasi ini akan menunjukkan bagaimana status sertifikat Anda sekarang ini.

2. Info Berkas.

Untuk mengetahui sejauh mana berkas Anda sedang diproses oleh BPN, Anda bisa mempergunakan fitur ini dengan syarat memiliki akun yang sudah terverifikasi. Caranya adalah :
  • Pilih Kantor BPN tempat Anda mengurus sertifikat
  • Masukkan nomor berkas pengurusan Anda
  • Masukkan tahun pengurusannya
  • Klik Proses
  • Aplikasi akan memunculkan status berkas yang sedang diajukan, apakah masih dalam proses atau sudah selesai. 
3. Info Sertifikat

Pada dasarnya, info sertifikat berisi tentang daftar sertifikat yang Anda miliki. Sebelumnya, Anda akan diminta untuk memverifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) ke kantor Pertanahan terdekat. Jika ada sertifikat milik Anda yang belum masuk pada data online ini, berikut cara untuk melaporkannya.
  • Pilih Wilayah administrasi Kantor BPN yang mengurus Sertifikat Anda
  • Pilih Desa atau Kelurahan lokasi tanah
  • Pilih jenis sertifikat
  • Masukkan nomor Hak Sertifikat
  • Ambil gambar sertifikat untuk dilakukan cross check dengan buku tanah yang ada di kantor BPN 
4. Plot Bidang Tanah

Untuk memasukkan plot atau pemetaan tanah Anda, berikut caranya: 
  • Pilih Alamat Kantor BPN
  • Pilih desa atau kelurahan lokasi tanah
  • Pilih jenis hak
  • Masukkan nomor Hak Sertifikat
  • Anda harus menggambar tanah di peta sesuai dengan bentuk aslinya
  • Masukkan foto sertifikat
  • Kantor BPN akan melakukan verifikasi data dan menginputnya setelah selesai. 
5. Info Layanan

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan informasi ketika Anda hendak melakukan hal-hal yang berhubungan dengan BPN seperti jual beli tanah, pewarisan, tukar menukar tanah, lelang, hibah, pembagian hak bersama, pemecahan sertifikat, pemisahan sertifikat, penggabungan sertifikat, konversi, waqaf, pemberian hak milik perorangan dan lain sebagainya. Semua informasi, persyaratan, waktu penyelesaian, keterangan tambahan, tarif dan simulasi biaya tersedia dengan sangat lengkap.

Kemudahan fasilitas yang disediakan BPN ini dengan harapan akan mempermudah proses panjang yang biasanya dilalui jika ingin mengurus pemberkasan tanah atau bangunan. Meskipun tidak semua proses dapat dilakukan secara online, namun setidaknya Anda tidak buta sama sekali mengenai hal ini. Semoga bermanfaat.